Senin, 18 Juni 2012

Pembelajaran di Kelas dengan Satu Komputer: Permainan Kuis Turnamen "Jeopardy "


Pembelajaran di kelas dengan permainan "Jeopardy"
Permainan kuis Jeopardy merupakan salah satu pertunjukan kuis yang mula-mula merupakan acara televisi populer di Amerika. Kemudian berkembang di dalam bentuk kuis dan permainan online. Situs resminya ada di alamat www.jeopardy.com. Kekhasan kuis ini adalah peserta diberi pernyataan (jawaban), kemudian mereka diminta membuat pertanyaan yang jawabannya cocok dengan pernyataan yang diberikan. Permainan dimulai dari papan skor yang berisi pertanyaan dengan tingkat kesulitan sebanding dengan skornya.

Di kelas yang hanya terdapat satu komputer, kita dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan mengadopsi permainan kuis Jeopardy. Permainan ini dimainkan bersama-sama oleh guru dan seluruh siswa di kelas. Papan kuis Jeopardy untuk permainan di kelas cukup dibuat menggunakan PowerPoint.  Contoh template PowerPoint untuk permainan kuis Jeopardy dapat ditemukan di halaman Bahan Pengajaran blog ini.

Bagaimana aturan permainan kuis turnamen Jeopardy dan skenario kegiatan pembelajarannya di kelas? Berikut penulis sajikan contohnya.

Aturan Umum Permainan

Aturan permainan kuis Jeopardy dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat diadaptasi sesuai keperluan. Berdasarkan pengalaman penulis, biasanya pelaksanaan permainan cukup berhasil dengan aturan sebagai berikut:
  • Peserta didik di dalam kelas dibagi menjadi  kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3 sampai 5 orang. Pada setiap kelompok ditunjuk satu orang Juru Bicara.
  • Penentuan soal yang dibuka pertama kali dilakukan secara acak atau ditentukan oleh guru.
  • Anggota kelompok berdiskusi menentukan jawaban yang akan disampaikan. Setelah menemukan jawaban, maka salah satu anggota kelompok mengacungkan tangan,
  • Kelompok yang ditunjuk, menyampaikan jawaban kelompok melalui Juru Bicara kelompok,
  • Jawaban disampaikan berupa pertanyaan (menggunakan kalimat tanya), yang disusun berdasarkan pernyataan yang ditampilkan di slide,
  • Tidak ada pengurangan nilai apabila jawaban kelompok salah atau keliru,
  • Kelompok yang baru saja berhasil menjawab dengan benar diberi kesempatan memilihkan kategori dan bobot soal yang akan ditanyakan berikutnya, tetapi kesempatan menjawab diberlakukan untuk seluruh kelompok,
  • Kelompok pemenang adalah kelompok dengan total perolehan nilai terbanyak.

Kegiatan Pembelajaran

Berikut adalah contoh kegiatan pembelajarandengan melakukan turnamen kuis Jeopardy.  Kegiatan pembelajaran ini menerapkan model kompetisi kelompok.
  1. Sampaikan apersepsi kepada siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, serta sampaikan bahwa para siswa akan diajak bermain kuis secara kompetisi. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3-5 orang.
  2. Contoh papan kategori soal Kuis "Jeopardy"
  3. Guru menampilkan slide Kelompok dan Bobot Soal. Contoh tampilan kategori dan bobot soal seperti pada gambar di samping. 
  4. Guru menjelaskan aturan permainan kuis Jeopardy. Setelah itu beri kesempatan kepada siswa untuk menanyakan apabila ada yang belum jelas. Berikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, sampai seluruh siswa jelas dan siap mengikuti permainan. 
  5. Pilih secara acak satu kelompok dan bobot soal yang akan dibuka atau ditanyakan. Sampaikan hal ini kepada siswa. 
  6. Klik pada tombol bobot soal yang akan dibuka. Maka di layar akan tampil teks soal yang ditanyakan. 
  7. Diam sejenak untuk memberi kesempatan kepada semua kelompok membaca soal yang tampil dan mendiskusikan jawabannya. 
  8. Sampaikan kepada peserta, “Kelompok mana yang bisa menjawab, silahkan tunjuk jari!”. Jika dirasa perlu memberikan tambahan penjelasan terhadap soal yang sedang tampil, berikan secukupnya. 
  9. Setelah ada yang mengacungkan jari, berikan kesempatan kepada Juru Bicara kelompok yang mengacungkan jari pertama kali untuk menyampaikan jawabannya. 
  10. Segera berikan keputusan atas jawaban kelompok yang menyampaikan jawabannya, misalnya: benar, kurang tepat, atau salah.
  11. Jika jawaban yang disampaikan kurang tepat atau salah, berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan jawabannya. Ulangi langkah ini sampai ada kelompok yang menjawab dengan benar atau sampai kondisi dirasa tidak ada kelompok siswa yang bisa menjawab dengan benar. 
  12. Setelah ada kelompok yang menjawab dengan benar, atau dirasa tidak ada kelompok siswa yang menjawab dengan benar, tampilkan slide yang berisi kunci jawaban atas pertanyaan yang diajukan. 
  13. Catat perolehan nilai kelompok yang menjawab dengan benar di papan perolehan nilai. 
  14. Berikan penjelasan sekilas atas kunci jawaban tersebut jika diperlukan. 
  15. Berikan kesempatan kepada kelompok yang baru saja dapat menjawab dengan benar (atau dipilih secara acak, jika belum ada kelompok yang berhasil menjawab dengan benar pertanyaan sebelumnya)untuk memilih katergori dan bobot soal yang akan dibuka selanjutnya. 
  16. Ulangi langkah 5 sampai 14 sampai seluruh soal dibuka dan dikompetisikan. 
  17. Jumlahkan total nilai yang diperoleh oleh masing-masing kelompok, kemudian umumkan kelompok mana yang menjadi Juara I, Juara II, dan Juara III dalam kompetisi kali ini. 
  18. Beri kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hal-hal yang belum jelas, ingin bertanya atau mendiskusikan lebih lanjut materi-materi yang telah ditayangkan pada permainan kuis Jeopardy yang baru saja dilakukan. Fasilitasi kegiatan diskusi atau tanya jawab ini sesuai kebutuhan. 
  19. Berikan penguatan akhir, lalu tutup kegiatan pembelajaran.

Evaluasi  Pembelajaran

Penilaian hasil belajar dilakukan secara kelompok berdasarkan jumlah skor akhir (total) yang diperoleh kelompok siswa. Selain itu, penilaian individual dapat dilakukan berdasarkan keaktifan siswa dan keterlibatan (partisipasi) siswa dalam kelompok selama permainan kuis Jeopardy ini berlangsung.

Bagaimana modifikasinya menurut Anda?


TULISAN TERKAIT :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar